Back to Question Center
0

Semalt: Menggunakan Bots Untuk Membuat Artikel Wiki

1 answers:

Michael Brown, Semalt Customer Success Manager, mengatakan bahwa Wikipedia atau hanya Wiki adalah salah satu situs yang dapat membanggakan memiliki banyak artikel yang ditulis dalam berbagai topik. Svenker Johansson, administrator universitas Swedia, telah membela praktik pembuatan jutaan artikel saja, dengan mengatakan bahwa dia menggunakan robot dan bot yang bijak dan membuat mereka disetujui oleh otoritas senior sebelum menggunakannya di Wikipedia.

Perangkat lunak Johansson berhasil menciptakan jutaan artikel di Wikipedia, dan dia menjadi salah satu editor situs ensiklopedia yang paling terkenal dan terkenal ini. Kini, guru fisika ini dikenal luas sebagai Lsj. Dia telah menciptakan Lsjbot, editor Wikipedia otomatis yang telah membantu Svenker untuk membuat banyak artikel Wikipedia untuk versi Swedia-nya. Sejauh ini, Lsjbot dapat membuat tiga juta artikel di berbagai versi Wikipedia dan memeras lebih dari sepuluh juta suntingan individu. Johansson mengatakan bahwa tugas utamanya adalah membuat artikel tentang berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Ada saat ketika Wikipedia hanya memiliki beberapa bot, namun Johansson mengklaim bahwa mereka semakin penting saat ini dan harus menjadi bagian dari mesin Google dan Wikipedia.

Namun, ada batasan untuk apa yang bisa kita lakukan dengan bot..Tentu saja, bots itu penting karena mereka membantu melakukan banyak pekerjaan, serta menulis berbagai artikel di Wikipedia. Versi bahasa Inggrisnya memiliki jutaan artikel yang diterbitkan, dan bot tersebut digunakan untuk memperbaiki vandalisme untuk sebagian besar. Di mana saja di dunia ini, mereka memperbaiki dan memperbarui barang lama, mengarsipkan diskusi yang ada, mengubah kategori artikel Wikipedia dan menambahkan perangko tanggal akurat ke laporan masalah manual.

Bots atau robot menjalani proses persetujuan khusus

Erik Moller, seorang deputi direktur dan kontributor Wikimedia Foundation, yang bertanggung jawab untuk mengawasi situs web tersebut, telah memberikan beberapa contoh tentang Cluebot. Dia mengatakan bahwa sebuah kebijakan komprehensif mengatur penggunaan robot atau bot di Wikipedia. Dia mengatakan kepada Guardian bahwa tidak semua bot memenuhi syarat untuk mengerjakan ensiklopedia raksasa ini karena sifat, fitur, dan pilihan mereka yang terbatas. Sebagian besar bot melewati prosedur persetujuan yang sulit dimana penentuan dilakukan oleh manusia apakah tugas yang mereka lakukan itu bermakna atau tidak. Bot yang jarang melakukan kesibukan yang tidak perlu sama sekali tidak disetujui seketika atau dimatikan untuk seumur hidup.

Moller juga mengakui bahwa data terstruktur Wikipedia dan proyeknya dipelihara dengan berbagai cara, yang membantu memperbarui segala hal. Praktik menggunakan robot dan bot untuk membuat artikel memiliki kekurangan tersendiri, namun Johansson telah membela praktiknya dengan poin yang kuat. Dia mencatat bahwa Wikipedia Swedia memiliki lebih dari 150 karakter The Lord of the Rings, namun hanya sedikit yang termasuk dalam Perang Vietnam. Artinya, guru sekolah berbakat ini pertama kali menciptakan bot yang menggantikan penulis dan editor. Kemudian dia membahas tentang Tolkien dan kutu buku putih laki-laki. Masih terlihat sulit untuk satu orang, tapi Johansson telah menggunakan bot Wikipedia khusus untuk melakukan tugasnya dengan cara yang lebih baik.

November 29, 2017
Semalt: Menggunakan Bots Untuk Membuat Artikel Wiki
Reply